Cara Sederhana Asah Kemampuan Menulis Pada Anak

Sunday, November 20th, 2016 - Lainnya

Cara Sederhana Asah Kemampuan Menulis Pada Anak

chatsq.com – Menulis merupakan keterampilan, bukanlah ilmu. Jadi, untuk cetak penulis yang tangguh, yang diperlukan di sini adalah banyak-banyak berlatih. Ada banyak hal yang dapat dilakukan oleh orangtua demi mengasah kemampuan menulis pada anak, bukan sekadar andalkan bantuan guru di sekolahnya saja. Diantaranya adalah sebagai berikut ini.

Cara Sederhana Asah Kemampuan Menulis Pada Anak

Mengasah kemampuan menulis pada anak

Bangun budaya menulis

Yang paling penting di sini adalah ciptakan budaya menulis terlebih dulu. Biasakan anak Anda rutin menulis. Idealnya setiap hari. Tak perlu waktu panjang kok, asal rutin saja. Misalnya saja dengan memanfaatkan waktu kosong di dalam mobil ketika berangkat sekolah. Mintalah anak Anda untuk menuliskan sesuatu lewat aplikasi notes di smartphone dengan tema tertentu.

Selain dengan tidak membatasi bentuk dari tulisan anak, Anda disarankan untuk melatih anak bisa menggemukkan dan juga memperkaya tulisannya. Caranya adalah dengan memancing anak buat definisi atau pun opini satu kalimat mengenai sebuah kata, benda, atau kegiatan. Contohnya saja mengenai pergi ke pasar. Setelah itu, mintalah anak Anda untuk menggunakan panca inderanya untuk menjelaskan yang lebih lanjut lagi. Apa yang dia lihat di pasar, apa saja yang orang obrolkan, bagaimana aroma pasar, dan lain-lain.

Menciptakan contoh

Anak adalah peniru terbaik. Jika orangtuanya bisa jadi role model yang baik di dalam hal menulis, maka akan jadi lebih mudah lagi meminta anak untuk melakukan hal serupa. Dari yang paling sederhana, seperti sesekali menuliskan memo kepada anak Anda, atau pun bertukar surat. Bisa juga dengan menulis berdua dengan tema yang sama, ini tergantung dari kesepakatan. Jika Anda adalah penulis, maka coba libatkan saja anak Anda dalam prosesnya. Contohnya saja dengan cara menulis buku bersama. Selain hal itu, memperkenalkan anak pada buku hasil karya penulis cilik juga bisa memotivasinya untuk ikutan menulis.

Jangan pernah menghakimi

dosenpendidikan.com Yang paling penting di sini adalah jangan pernah hakimi hasil karya anak. Sebuah tulisan merupakan karya seni, jadi tak bisa dinilai salah dan juga benarnya. Meskipun pastinya jika itu adalah tulisan fakta, maka anak haruslah dibiasakan untuk melakukan riset terlebih dulu, supaya dia juga bisa menulis dengan baik dan benar.

Selain itu, Anda juga tak perlu membatasi jenis bacaan anak, selama yang dia baca adalah buku yang baik dan juga sesuai dengan usia mereka. Dengan mengenalkan beragam jenis buku dan juga gaya penulisan, maka anak Anda bisa mengeksplorasi lebih banyak lagi hal mengenai kepenulisan.

Itulah cara sederhana asah kemampuan menulis pada anak yang bisa kami informasikan. Dan yang paling penting di sini adalah memancing anak berdasar hal-hal yang dia sukai, supaya dia pun tidak merasa terpaksa.

Baca Juga >>>