Konsep Bermain Anak untuk Pendidikan Anak Usia Dini (PAUD)

Wednesday, November 30th, 2016 - Pendidikan

Konsep Bermain Anak untuk Pendidikan Anak Usia Dini (PAUD)

chatsq.com – Pendidikan anak usia dini (PAUD) ini adalah pendidikan berkesinambungan antara keluarga dengan lingkungan. Untuk dapat menyelaraskan kebutuhan tersebut, maka diperlukan ada kerjasama di dalam mendidik anak dan orangtua, lingkungan sekolah dan lingkungan masyarakat. Di dalam memberi layanan pada anak dengan usia dini seperti ini diharapkan sekolah bisa memberi layanan pembinaan pada orangtua untuk lanjutkan stimulasi pendidikan yang bisa diselenggarakan sendiri pada lingkungan sekitar atau di rumah.

Konsep Bermain Anak untuk Pendidikan Anak Usia Dini (PAUD)

Konsep bermain anak PAUD

Semua anak usia dini tanpa harus memandang usia mereka belajar dengan baik lewat bermain. Dalam bermain ini nantinya anak Anda membuat pilihan, pecahkan masalah, berkomunikasi, dan juga bernegoisasi. Mereka dapat menciptakan peristiwa, khayalan, keterampilan fisik, kognitif, dan social. Pada saat anak bermain, dia bisa mengekspresikan dan juga melatih emosinya dari pengalaman serta kejadian yang telah mereka temui di setiap harinya. Lewat bermain bersama teman seumurannya dan juga mengambil peran berbeda, maka anak bisa kembangkan kemampuan melihat sesuatu dengan baik, dari sudut pandang orang lain dan juga terlibat di dalam perilaku pemimpin atau pun pengiut perilaku yang nantinya akan diperlukannya pada saat bergaul saat dewasa.

Bisa disimpulkan bahwasannya bermain jadi sebuah milieu yang tidak tertandingi dalam mendukung perkembangan serta belajar anak. Ini juga jadi alasan kenapa sih anak dengan usia dini perlu waktu bermain yang jauh lebih besar di dalam sepanjang harinya. Apabila anak belajar dengan cara bermain seperti ini maka nantinya dia akan mempunyai ketahanan belajar yang jauh lebih baik bila dilakukan dengan kegiatan belajar seperti biasanya. Dengan melihat kondisi yang seperti ini hendaknya dilakukan sebuah pengelolaan pada kegiatan bermain anak dengan sangat baik, tujuan hal tersebut adalah supaya kegiatan bermain anak bisa diarahkan untuk kembangkan kemampuan sih anak itu sendiri.

contoh application letter Vigotsky berkata bahwasannya bermain memiliki peranan langsung pada perkembangan kognisi seorang anak. Permainan adalah salah satu hal yang paling menyenangkan bagi anak. Yang mana hampir semua benda bisa dijadikan sebagai alat bermain. Pada saat anak bermain sebuah objek, secara sadar atau pun tidak sadar dia berlajar dari sifat objek tersebut. Selain itu, nyata sekali di dalam bermain sangat penting bagi belajar sih anak usia dini. Anak mendapat informasi untuk informasi lewat interaksinya dengan suatu objek dan nanti informasi tersebut dia susun jadi struktur pengetahuan. Bermain adalah salah satu interaksi anak untuk mendapat pengetahuan, karena anak mendapat pengetahuan lewat objek yang dia sentuh dan aktifitas yang dia lakukan.

Demikian konsep bermain anak untuk pendidikan anak usia dini (PAUD) yang bisa kami informasikan. Semoga bermanfaat.

Baca Juga >>>