Tahapan Perkembangan Anak Usia Pra Remaja

Monday, November 21st, 2016 - Pendidikan

Tahapan Perkembangan Anak Usia Pra Remaja

chatsq.com – Pada usia pra remaja (10 hingga 12 tahun), anak akan alami yang namanya transisi menuju kedewasaan yang kemudian akan mempengaruhi kemampuan social, fisik, dan kognitifnya. Dampaknya anak Anda akan terlihat lebih mandiri lagi di dalam menyelesaikan masalah serta menata perilaku sosialnya dengan baik. Hal yang satu ini terjadi sebab anak pada dasarnya mempunyai keterampilan.

Tahapan Perkembangan Anak Usia Pra Remaja

Ini tahap-tahap perkembangan anak usia pra remaja

Kenali temannya yang baik

Jangan pernah terheran-heran apabila anak usia 10 tahun sudah memilih-milih teman. Mereka memang mulai kembangkan kemampuan sosialnya di dalam menerima teman yang baik dan juga tidak menurutnya sendiri. Tidak apa, asalkan tekankan pada anak untuk selalu bersikap baik pada semua orang.

Kenali kadar pertemenan

Di usia 10 tahun ini keterampilan social anak akan semakin bertambah tajam sehingga dia mulai tahu lingkar dan juga kadar pertemanannya. Pemahaman akan arti sahabat, teman biasa, dan juga sekadar kenalan sudah mulai dapat dia rasakan. Keterampilan ini mempersiapkan dirinya untuk dapat menenpatkan diri dalam pergaulan dan juga membawa dirinya dalam pergaulan baru. Bila tidak dibekali dengan kemahiran untuk bertoleransi dengan keinginannya tersebut di dalam berteman, maka anak Anda bisa jadi pencemburu serta sulit sekali diterima di lingkungan. Ada baiknya Anda mendorong anak mempunyai pergaulan luas, berempati, toleran, dan juga tidak egosentris.

Sadari ada peer pressure

Di usia ini anak Anda sudah mulai kenal superioritas dan juga inferioritas seseorang di dalam kelompok pertemanan. Keterampilan tersebut mendudkung kemampuannya dalam social anak supaya bisa berperilaku yang normative di lingkungannya nanti, mengingat tekanan social bisa menjadikannya tidak berlaku sembarangan. Sisi buruknya adalah kondisi ini bisa lahirkan peer pressure atau tekanan kelompok sebaya juga beresiko sebabkan bullying maupun intimidasi. Sebagai orangtua yang baik, ada harus memperhatikan benar perilaku, kebiasaan, dan juga perkembangan anak pada usia ini. Kelekatan orangtua dan juga anak adalah salah satu kunci untuk cegah bullying serta dampak negative dari peer pressure.

Pahami kepercayaan dan tanggung jawab

kuliahbahasainggris.com Pada usia 11 tahun, anak sudah mulai menambahkan keterampilan social penting yang lainnya, yakni pahami arti kepercayaan serta tanggung jawab. Ini merupakan keterampilan social yang memiliki peranan penting sekali bagi masa depannya sebab adalah cikal bakal disiplin diri dan juga integritas pribadi yang menjadikan dia diterima di lingkungan pergaulan, akademis, dan juga pekerjaannya nanti.

Menuntut keadilan

Di usia 12 tahun ini anak sudah mulai paham akan keadilan dan juga ketidakadilan. Rasa keadilannya adalah salah satu konsekuensi perkembangan kognitif pada anak terhadap konteks social.

Demikianlan informasi tentang tahapan perkembangan anak usia pra remaja yang bisa kami bagikan. Semoga bermanfaat.

Baca Juga >>>